Hayati, Nurfajri (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 23 Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NURFAJRI_HAYATI_15029074_5511_2019.pdf [thumbnail of B1_1_NURFAJRI_HAYATI_15029074_5511_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NURFAJRI_HAYATI_15029074_5511_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari
pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun
berdasarkan hasil tes yang dilakukan di SMPN 23 Padang diperoleh pemahaman
konsep matematis peserta didik masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan
menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematis peserta didik yang
belajar dengan model penemuan terbimbing lebih baik daripada pemahaman
konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional
dan untuk mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta
didik selama proses pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan
rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah
peserta didik kelas VIII SMPN 23 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan
sampel kelas VIII 3 dan VIII 4. Instrumen penelitian ini berupa kuis yang
dilakukan setiap pertemuan di kelas eksperimen dan tes akhir pemahaman konsep
yang berbentuk soal uraian yang kemudian dianalisis menggunakan uji t.
Berdasarkan analisis data, nilai rata-rata kuis pada setiap pertemuan
meningkat kecuali pada pertemuan kelima, sedangkan dari hasil analisis tes
pemahaman konsep matematis pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh P-value = 0,00,
karena P-value < α maka tolak . Sehingga dapat disimpulkan bahwa
pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model penemuan
terbimbing lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing
memberikan pengaruh baik terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:38 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6758 |