Perbandingan Strategi Pembelajaran Peta Pikiran dan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau dari Pengetahuan Awal pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X MAN 1 Pekanbaru

Ririen, Deci (2013) Perbandingan Strategi Pembelajaran Peta Pikiran dan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau dari Pengetahuan Awal pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X MAN 1 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DECI_RIRIEN_19485_2826_2013.pdf] Text
B1_1_DECI_RIRIEN_19485_2826_2013.pdf

Download (441kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya pemahaman siswa
mengenai konsep-konsep kimia. Hal ini terlihat pada nilai sebagian siswa yang
berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga pembelajaran
kimia belum berjalan sebagaimana yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar
siswa kelas X MAN 1 Pekanbaru pada materi pokok Hidrokarbon menggunakan
strategi peta pikiran dan peta konsep ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan
faktorial 2x2. Waktu pengambilan data dari tanggal 28 Februari 2012-20 April
2012. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.1 dan X.2. Teknik analisis data
menggunakan Uji-t dua pihak untuk hipotesis pertama, ketiga dan keempat
dengan kriteria terima H0 jika -ttabel < thitung < ttabel dengan α 0,05, serta anava dua
arah untuk hipotesis kedua dengan kriteria terima H0 apabila Fhit<Ftab dengan α =
0,05.
Hasil penelitian menunjukkan untuk hipotesis pertama terdapat perbedaan
hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan strategi peta pikiran
dan strategi peta konsep, diperoleh thitung = 2,76 sedangkan ttabel = 2,00. Uji
hipotesis kedua menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara strategi
pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa dalam meningkatkan hasil belajar,
diperoleh nilai Fhitung adalah 1,18 dan nilai untuk Ftabel adalah 4,20 dan hipotesis
ketiga menunjukkan perbedaan yang signifikan antara siswa pengetahuan awal
tinggi yang menggunakan peta pikiran dengan siswa pengetahuan awal tinggi
yang menggunakan peta konsep, diperoleh thitung = 2,30 dan ttabel = 2,04, dan untuk
hipotesis keempat juga terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa
pengetahuan awal rendah yang menggunakan strategi peta pikiran dengan siswa
pengetahuan awal rendah yang menggunakan strategi peta konsep, diperoleh thitung
=3,69 sedangkan ttabel =2,08.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:22
Last Modified: 22 Apr 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item
View Item