Pengaruh Fasilitas Kamar Hotel Dengan Kepuasan Tamu Menginap di Pusako Bukittinggi

Zarnuzi, Harif Hidayat (2018) Pengaruh Fasilitas Kamar Hotel Dengan Kepuasan Tamu Menginap di Pusako Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HARIF_HIDAYAT_1202034_1118_2018.pdf] Text
B1_03_HARIF_HIDAYAT_1202034_1118_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

=Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti sewaktu melaksanakan kegiatan Praktek Lapangan Industri di Hotel Pusako Bukittinggi, peneliti menemukan fasilitas yang ditawarkan oleh pihak hotel tidak sesuai dengan kenyataan yang ditemukan dan juga beberapa fasilitas yang rusak, ada tamu yang komplain terhadap fasilitas kamar yang rusak dan macet seperti keran kamar mandi, kamar mandi yang kotor, toilet bowl yang macet, kondisi kamar yang tidak terawat, dan pintu kamar yang sering macet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan fasilitas kamar, kepuasan tamu di Hotel Pusako Bukittinggi serta mendeskripsikan pengaruh fasilitas kamar hotel dengan kepuasan tamu menginap di Hotel Pusako Bukittinggi. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu: variabel fasilitas kamar (X) dengan kepuasan tamu (Y). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel Fasilitas Kamar (X) Terhadap Kepuasan Tamu (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang datang ke Hotel Pusako Bukittinggi. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 orang yang diambil menggunakan teknik Sampling purposive adalah ―teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu‖, yaitu tamu yang minimal menginap 1 kali di Hotel Pusako Bukittinggi dan umurnya minimal 17 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis dengan uji regresi linear dengan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: fasilitas kamar di Hotel Pusako Bukittinggi secara keseluruhan 84,06% dinyatakan baik dan kepuasan tamu di Hotel Pusako Bukittinggi 88,41% dinyatakan tidak puas, pengaruh fasilitas kamar terhadap kepuasan tamu di Hotel Pusako Bukittinggi sebesar 0% sedangkan 100% dipengaruhi oleh faktor lain yang mana Ha di tolak dan Ho di terima yaitu tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara fasiltas kamar dengan kepuasan tamu menginap di Hotel Pusako Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Kamar, Kepuasan Tamu
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:22
Last Modified: 22 Apr 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6749

Actions (login required)

View Item
View Item