Kusmiati, Dedek (2010) Pengaruh Penggunaan Model Komik dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas III Sekolah Dasar Kartika I-10 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DEDEK_KUSMIATI_11230_4998_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DEDEK_KUSMIATI_11230_4998_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DEDEK_KUSMIATI_11230_4998_2012.pdf
Download (62kB)
Abstract
Penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SD Kartika I-10
Padang antara lain adalah karena penggunaan metode mengajar yang monoton dan
tidak menarik serta belum merangsang aktivitas siswa. Siswa lebih banyak diam,
mendengarkan penjelasan guru tanpa menunjukan aktivitas dalam pembelajaran
sehingga pembelajaran, lebih terpusat pada guru dan siswa menerima dengan pasif.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas dengan
menggunakan model komik dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui; 1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang
pembelajarannya menggunakan model komik dengan pembelajaran konvensional; 2)
Perbedaan hasil belajar matematika kelompok siswa laki-laki dengan kelompok siswa
perempuan; 3) Ada tidaknya interaksi antara penggunaan model komik dalam
pembelajaran matematika dengan perbedaan jenis kelamin dalam mempengaruhi
hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Kartika I-10 Padang pada semester
II tahun pelajaran 2009/2010. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen
dengan rancangan treatment by blocks 2 x 2. Kelompok eksperimen diberi perlakuan
berupa penggunaan model komik, sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran
konvensionl. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar.
Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar matematika siswa
yang pembelajarannya menggunakan model komik lebih tinggi dari pembelajaran
konvensional, 2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kelompok siswa laki-laki
dengan kelompok siswa perempuan, 3) Terdapat interaksi antara penggunaan model
komik dalam pembelajaran matematika dengan perbedaan jenis kelamin dalam
mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:19 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6737 |