Efektivitas Penerapan Sugesti pada Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa (Studi Eksperimen di Sekolah Menegah Atas Al-Kautsar Bandar Lampung)

Fijriani, Fijriani (2012) Efektivitas Penerapan Sugesti pada Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa (Studi Eksperimen di Sekolah Menegah Atas Al-Kautsar Bandar Lampung). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_FIJRIANI_19113_6442_2012.pdf] Text
B1_1_FIJRIANI_19113_6442_2012.pdf

Download (569kB)

Abstract

Self esteem yang rendah merupakan awal dari berbagai
permasalahan terutama masalah perilaku yang pada akhirnya dapat
menghambat tugas perkembangan remaja. Penerapan sugesti pada layanan
bimbingan dan konseling dapat digunakan untuk meningkatkan self esteem
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektifitas penerapan
sugesti pada layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self esteem.
Penelitian eksperimental dengan rancangan pretest and posttest
control group design digunakan untuk menguji apakah penerapan sugesti
pada layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan self esteem menjadi
lebih baik. Dua kelompok dipilih menggunakan purposive sampling yaitu
pada siswa kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Masing-masing
kelompok terdiri dari 10 siswa. Layanan bimbingan kelompok dengan
penerapan sugesti pada kelompok eksperimen diadakan selama tujuh kali
pertemuan. Data tentang self esteem dikumpulkan melalui pretest dan
posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxson Signed Ranks
Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Sampel dengan bantuan SPSS versi 17.
Temuan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang
signifikan antara self esteem siswa pada pretest dan posttest siswa kelompok
eksperimen. (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara self esteem
siswa pada pretest dan posttest siswa kelompok kontrol. (3) terdapat
perbedaan yang signifikan antara self esteem siswa pada posttest kelompok
kontrol dengan posttest kelompok eksperimen.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan
sugesti efektif digunakan pada layanan bimbingan kelompok untuk
meningkatkan self esteem siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa
pentingnya menerapkan pemberian sugesti pada layanan bimbingan
kelompok yang disertai dengan adanya pengawasan dari guru dan konselor
di sekolah, sehingga bisa meningkatkan self esteem siswa. Perlu dilakukan
penelitan yang serupa dengan penelitian ini dengan dilatarbelakangi oleh
konteks yang berbeda agar dapat membandingkan temuan dari hasil
penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:19
Last Modified: 22 Apr 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6734

Actions (login required)

View Item
View Item