Kontribusi Pendidikan dalam Keluarga dan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Perilaku Prososial Siswa di SMK Negeri 6 Padang

Harahap, Nur Hasanah (2020) Kontribusi Pendidikan dalam Keluarga dan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Perilaku Prososial Siswa di SMK Negeri 6 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NUR_HASANAH_HARAHAP_17151035_1518_2020.pdf] Text
B1_1_NUR_HASANAH_HARAHAP_17151035_1518_2020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menurunnya perilaku prososial siswa di
sekolah. Pendidikan dalam keluarga dan keaktifan mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler merupakan faktor yang diduga dapat mempengaruhi pembentukan
perilaku prososial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)
pendidikan dalam keluarga, keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan
perilaku prososial siswa di SMK Negeri 6 Padang, (2) seberapa besar kontribusi
pendidikan dalam keluarga terhadap perilaku prososial siswa di SMK Negeri 6
Padang, (3) seberapa besar kontribusi keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
terhadap perilaku prososial siswa di SMK Negeri 6 Padang, (4) seberapa besar
kontribusi pendidikan dalam keluarga dan keaktifan mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler terhadap perilaku prososial di SMK Negeri 6 Padang. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 903
siswa SMK Negeri 6 Padang kelas X & XI dan sampel penelitian 278 siswa yang
dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang
digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif,
regresi sederhana dan ganda. Analisis data dibantu dengan menggunakan program
SPSS 20.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata pendidikan dalam
keluarga, keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan perilaku prososial
berada pada kategori tinggi, (2) pendidikan dalam keluarga berkontribusi secara
signifikan terhadap perilaku prososial, (3) keaktifan mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler berkontribusi secara signifikan terhadap perilaku prososial, (4)
pendidikan dalam keluarga dan keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
berkontribusi secara bersama-sama secara signifikan terhadap perilaku prososial.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:19
Last Modified: 22 Apr 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6733

Actions (login required)

View Item
View Item