Uji Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA Negeri Se-Kota Padang Tentang Materi Virus

Fitri, Hanisa (2018) Uji Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA Negeri Se-Kota Padang Tentang Materi Virus. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HANISA_FITRI_14031029_3925_2018.pdf] Text
B1_03_HANISA_FITRI_14031029_3925_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi penting dilakukan oleh peserta didik agar peserta didik tidak hanya menerima informasi yang diperoleh, namun dapat menggunakan informasi tersebut untuk menyelesaikan permasalahannya. Berdasarkan hasil wawancara peneliti di SMAN 1, SMAN 6, SMAN 9 dan SMAN 15 Padang diperoleh masih ada guru yang belum menerapkan soal kemampuan berpikir tingkat tinggi, soal evaluasi yang diberikan kepada peserta didik masih dalam tingkat kognitif C1-C3 dan masih belum diketahuinya hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X SMA Negeri se-Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA Negeri se-Kota Padang yang diukur menggunakan instrumen kemampuan berpikir tingkat tinggi materi virus. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X yang dilakukan di SMA Negeri Kota Padang yaitu SMA Negeri 1, 6, 9, dan 15 Padang. Sampel berjumlah 118 orang siswa, diambil dengan menggunakan metode purposive proporsional sampling. Teknik analisis data dilakukan dua tahap yaitu analisis jawaban soal kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penentuan nilai. Hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA Negeri seKota Padang diperoleh nilai rata-rata SMAN 1 yaitu 57%, SMAN 6 yaitu 37%, SMAN 9 yaitu 33% dan SMAN 15 yaitu 48% dengan nilai rata-rata total 44%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa capaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi virus untuk peserta didik SMA Negeri se-Kota Padang masih dikategorikan rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:17
Last Modified: 22 Apr 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6720

Actions (login required)

View Item
View Item