Permana, Hamri (2018) Hubungan Multiple Intelligence ( Kecerdasan Majemuk) dengan Gaya Belaiar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIA SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_HAMRI_PERMANA_14031028_1484_2018.pdf [thumbnail of B1_03_HAMRI_PERMANA_14031028_1484_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_HAMRI_PERMANA_14031028_1484_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kecerdasan adalah suatu kemampuan, dengan proses kelengkapannya, yang sanggup menangani berbagai masalah. Peserta didik punya kecenderungan kecerdasan dari sembilan kecerdasan, yaitu cerdas bahasa (linguistik), logismatematis (kognitif), gambar dan ruang (spasial-visual), diri (intrapersonal), alam, interpersonal, kinestetik, musik dan eksistensial. Kecerdasan kecerdasan ini disebut dengan Multiple Intelligence. Disisi lain peserta didik memiliki cara belajar masing masing yang disebut dengan modalitas belajar atau gaya belajar. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan di SMA Negeri 3 Padang, terungkap bahwa pada umumnya guru masih kurang variasi dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat menyebabkan peserta didik yang tidak sinkron gaya belajarnya dengan strategi belajar yang digunakan guru, menjadi kurang paham akan materi yang disampaikan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan pendekatan correlational study antara multiple intelligences dan gaya belajar peserta didik. Subjek penelitian terdiri dari 36 orang siswa kelas X SMAN 3 Padang. Untuk mengetahui hubungan antar variabel dilakukan uji korelasi menggunakan korelasi Spearman-Rank. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa tidak semua komponen kecerdasan multiple intelligence memiliki hubungan yang berarti dengan masing masing gaya belajar. Komponen-komponen kecerdasan multiple intelligence memiliki hubungan keberartian tersendiri dengan gaya belajar tertentu. Kecerdasan linguistik memiliki hubungan yang berarti dengan gaya belajar visual dan gaya belajar auditori. Kecerdasan logis-matematis memiliki hubungan yang berarti dengan gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik. Kecerdasan spasial-visual memiliki hubungan yang berarti dengan gaya belajar auditori. Kecerdasan kinestetik memiliki hubungan yang berarti dengan masing masing gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik). Kecerdasan musikal memiliki hubungan yang berarti dengan gaya belajar visual. Kecerdasan interpersonal memiliki hubungan yang berarti dengan masing masing gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik). Kecerdasan intrapersonal memiliki hubungan yang berarti dengan gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik, dan kecerdasan naturalis memiliki hubungan yang berarti dengan gaya belajar auditori dan kinestetik. Kemudian, multiple intelligences memiliki hubungan yang berarti dengan gaya belajar visual, dan multiple intelligences tidak memiliki hubungan yang berarti dengan gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multiple Intelligence ( Kecerdasan Majemuk), Gaya belajar, Modalitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:15 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6701 |