Meningkatkan Kemampuan Melakukan Gerakan Sholat Melalui Media Video Interaktif untuk Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research kelas DIV C1 di SLB Bina Bangsa Padang)

Yusrita, Mimi (2015) Meningkatkan Kemampuan Melakukan Gerakan Sholat Melalui Media Video Interaktif untuk Anak Tunagrahita Sedang (Single Subject Research kelas DIV C1 di SLB Bina Bangsa Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MIMI_YUSRITA_1309552_3636_2015.pdf] Text
B1_2_MIMI_YUSRITA_1309552_3636_2015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Bina Bangsa, seorang anak tunargrahita sedang kelas DIV C1 yang mengalami kesulitan dalam gerakan sholat. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakkah media Video Interaktif dapat meningkatkan kemampuan gerakan sholat anak tunagrahita sedang di SLB Bina Bangsa Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan Single Subject Design, dengan desain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita kelas DIV C1 di SLB Bina Bangsa Padang. Pengamatan dilakukan dengan dua sesi yaitu pertama, sesi baseline (A) yang dilakukan sebanyak enam kali pengamatan, persentase kemampuan gerakan sholat pada rentang 18 % dan 36%. Kedua, sesi intervensi (B) dengan menggunakan media Video Interaktif, pengamatan dilakukan sebanyak Sembilan kali, persentase kemampuan gerakan sholat kondisi ini terletak pada rentang 36 % dan 84 %. Analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan gerakan sholat secara posistif, dan overlape data pada analisis antar kondisi sangat kecil yaitu 0%, hal ini menunjukkan semakin kecil persentase overlape maka semakin baik pengaruh intervensi terhadap perubahan target behavior dalam penelitian. Sehingga hipotesis diterima yaitu media Video Interaktif dapat meningkatkan kemampuan gerakan sholat bagi anak tunagrahita sedang kelas DIV C1 di SLB Bina Bangsa Padang. Di sarankan kepada sekolah untuk menyediakan laptop untuk menunjang pelajaran yang menggunakan media Video, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan gerakan sholat, Media video interaktif, Anak tunagrahita sedang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:15
Last Modified: 22 Apr 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6697

Actions (login required)

View Item
View Item