Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pekerjaan Perawatan Peralatan Listrik Rumah Tangga SMK Negeri 5 Padang

Monalisa, Monalisa (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pekerjaan Perawatan Peralatan Listrik Rumah Tangga SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MONALISA_74072_74072_2011.pdf] Text
B1_3_MONALISA_74072_74072_2011.pdf

Download (496kB)

Abstract

Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Pekerjaan Perawatan Peralatan Listrik Rumah Tangga di kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang tidak seperti yang diharapkan. Masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah SKBM yang telah ditetapkan sekolah. Metode yang digunakan selama ini belum dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dimungkinkan menjadi dampak rendahnya hasil belajar siswa. Untuk melihat kemungkinan ini, maka dilakukan suatu penelitian yang berbentuk eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model Investigasi Kelompok terhadap hasil belajar Pekerjaan Perawatan Peralatan Listrik Rumah Tangga siswa kelas X TITL di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang semester ganjil tahun ajaran 2010/2011, yang terdiri dari dua kelas yaitu X TITL 1 terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan X TITL 2 terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Dari hasil penelitian nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 75,1 dan hanya 4 orang atau 11,11% yang dinyatakan belum memenuhi SKBM atau belum tuntas. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata adalah 69,4 dan 13 orang atau 37,14% yang belum memenuhi SKBM atau belum tuntas. Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan penelitian dilakukan uji t, hasil pengolahan data menunjukkan harga nilai t hitung (2,795) > t tabel (1,67) pada taraf signifikan 5% (α =0,05). Artinya dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok terhadap hasil belajar Pekerjaan Perawatan Peralatan Listrik Rumah Tangga (P3LRT) siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang. Implikasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Investigasi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar P3LRT siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Investigasi Kelompok, Pekerjaan Perawatan Peralatan Listrik Rumah Tangga
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:14
Last Modified: 22 Apr 2025 03:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6693

Actions (login required)

View Item
View Item