Kontribusi Kepemimpinan Situasional dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Solok

Nofitria, Fifil (2014) Kontribusi Kepemimpinan Situasional dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Solok. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of b1_1_FIFIL_NOFITRIA_1203566_4561_2014.pdf] Text
b1_1_FIFIL_NOFITRIA_1203566_4561_2014.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kecenderungan melemahnya
kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan, menganalisis, dan
menggambarkan data kepemimpinan situasional dan motivasi berprestasi
terhadap kinerja guru di SMP Negeri di Kota Solok.
Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kota
Solok, yaitu sebanyak 277 orang guru. Sampel dalam penelitian ini adalah
sebanyak 60 guru dengan menggunakan teknik penarikan sampel yaitu dengan
teknik stratified proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah berupa angket. Analisis data digunakan dengan dua cara
yaitu: (1) analisis deskriptif, dan (2) analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kepemimpinan situasional
berkontribusi terhadap kinerja guru yaitu sebesar 9,90%, (2) motivasi berprestasi
berkontribusi terhadap kinerja guru yaitu sebesar 19,10%, dan (3) kepemimpinan
situasional dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berkontribusi terhadap
kinerja guru yaitu sebesar 21,20%.
Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan saran kepada Kepada kepala
sekolah untuk dapat mencoba menerapkan, terus berupaya memperbaiki dan
meningkatkan kepemimpinan situasional di lingkungan sekolah. Begitu juga
dengan motivasi berprestasi guru supaya dapat terus ditingkatkan agar kinerja
guru menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:11
Last Modified: 22 Apr 2025 04:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6689

Actions (login required)

View Item
View Item