Abdurrahman, Yusrizal (2014) Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Media Job Sheet dengan Tanpa Menggunakan Media Job sheet dalam Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YUSRIZAL_ABDURRAHMAN_771_2015.pdf [thumbnail of B1_3_YUSRIZAL_ABDURRAHMAN_771_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YUSRIZAL_ABDURRAHMAN_771_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media job sheet dengan siswa yang tidak menggunakan media job sheet dalam pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik pada kelas XI TIPTL di SMK Negeri 1 Padang. Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan dan kenyataan dilapangan yang didapatkan, bahwa nilai hasil belajar praktek siswa pada pembelajaran Instalasi Penerangan Bangunan Sederhana (IPBS) siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Padang tahun ajaran 2013/2014, masih banyak yang berada di bawah KKM, serta hasil pengamatan yang dilakukan pada pembelajaran Praktek Instalasi Penerangan Listrik (IPL) di kelas XI TIPTL, bahwa guru yang mengajar pada mata pelajaran IPL masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas XI TIPTL yang berjumlah 31 orang siswa, dan dibagi menjadi dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan penggunaan media job sheet pada pembelajaran peraktek IPL, sedangkan pada kelas kontrol tidak diberi perlakuan dan proses belajar mengajarnya dilakukan seperti biasanya yang dilakukan oleh guru-guru sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media job sheet pada pembelajaran praktek IPL terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI TIPTL. Terbukti dengan nilai rata-rata hasi belajar praktek kelas eksperimen adalah 75.13, sedangkan kelas kontrol adalah 68.68, dengan menggunakan analisis uji t-test diperoleh t hitung sebesar 5.72 pada signifikansi 0.05 dan t tabel sebesar 2.054. Oleh karena itu t hitung > t tabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media job sheet pada saat praktek instalasi penerangan listrik terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa kelas XI TIPTL di SMK Negeri 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Media Job Sheet |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:59 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6672 |