Pengaruh Supervisi Pembelajaran dan Iklim Organisasi Terhadap Iklim Organisasi terhadap Semangat Kerja Guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Anis, Feriani (2013) Pengaruh Supervisi Pembelajaran dan Iklim Organisasi Terhadap Iklim Organisasi terhadap Semangat Kerja Guru SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of b1_1_FERIANI_ANIS_1103590_6491_2013.pdf] Text
b1_1_FERIANI_ANIS_1103590_6491_2013.pdf

Download (501kB)

Abstract

Semangat Kerja guru dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam
menentukan kualitas pendidikan.Dari hasil studi pendahuluan ditemukan bahwa
semangat kerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang tidak
berjalan sebagaimanamestinya. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh beberapa
faktor, tapi yang dianggap lebih dominan yaitu, Supervisi pembelajaran dan iklim
komunikasi.Oleh karena itu, penelitian ini dirancang untuk menyelidiki pengaruh
supervisi pembelajaran dan iklim. Tujuan penelitian ini adalah 1)Pengaruh
langsung supervisi pembelajaran terhadap semangat kerja guru SMP Negeri
Kecamatan Padang Timur Kota Padang 2) Pengaruh langsung supervisi
pembelajaran terhadap iklim organisasi di SMP Negeri Kecamatan Padang Timur
Kota Padang3)Pengaruh langsung iklim organisasi terhadap semangat kerja guru
SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang4) Pengaruh tidak lansung
supervisi pembelajaran melalui iklim organisasi terhadap semangat kerja guru
SMP Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kausatif
dengan metode korelasional.Populasi penelitian adalah 307 orang guru SMP
Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang.Sampel 75 orang yang terpilih
melalui teknik stratified proportional random sampling. Penelitian analisis model
Skala Likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya.Data ini dianalisis secara
statisVersi 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi pembelajaran melalui iklim
organisasi berkontribusi terhadap semangat kerja guru sebesar 14,5%.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh
signifikan lingkungan iklim organisasi terhadap semangat kerja guru, semakin
baik iklim organisasi semakin baik pula semangat kerja guru.Pengujian hipotesis
yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan supervisi
pembelajaran dan iklim organisasi terhadap semangat kerja guru meningkatnya
supervisi pembelajaran dan iklim organisasi maka akan meningkatnya semangat
kerja guru, dan semangat kerja guru dalam supervisi pembelajaran dapat
diinterprestasikan melalui iklim organisasi

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:58
Last Modified: 22 Apr 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6668

Actions (login required)

View Item
View Item