Viari, Novia Okta (2013) Pengaruh Skimming Inquire Read Estimate (SIRE) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII MTsN Palangk. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NOVIA_OKTA_VIARI_96394_5445_2013.pdf [thumbnail of B1_1_NOVIA_OKTA_VIARI_96394_5445_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NOVIA_OKTA_VIARI_96394_5445_2013.pdf
Download (504kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga permasalahan berikut. Pertama,
kurangnya minat baca siswa. Kedua, keterbatasan siswa dalam menguasai teknik
membaca yang efektif. Ketiga, keterbatasan buku bacaan yang dipergunakan.
Keempat, metode yang digunakan guru kurang efektif. Tujuan penelitian ini
adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas VII MTsN Palangki sesudah menggunakan SIRE. Kedua,
mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII MTsN
Palangki sebelum menggunakan SIRE. Ketiga, menganalisis pengaruh SIRE
terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII MTsN Palangki.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Data penelitian diperoleh melalui satu jenis tes, yaitu tes objektif. Tes
objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan membaca pemahaman
sesudah menggunakan SIRE dan sebelum menggunakan SIRE. Data kemampuan
membaca pemahaman sesudah menggunakan SIRE dan sebelum menggunakan
SIRE dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk melihat ada tidaknya
pengaruh yang terjadi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas VII MTsN Palangki sesudah menggunakan SIRE berada
pada kualifikasi lebih dari cukup (73,5). Kedua, kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas VII MTsN Palangki sebelum menggunakan SIRE berada
pada kualifikasi cukup (62,7). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII MTsN Palangki dengan
menggunakan SIRE karena thitung (6,43) lebih bebar dari ttabel (1,684). Dengan
demikian, SIRE sangat tepat digunakan dalam pembelajaran membaca
pemahaman wacana
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:58 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6666 |