Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 6 Gunung Talang

Muhammad, Rizki (2015) Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 6 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIZKI_MUHAMMAD_88359_2083_2015.pdf] Text
B1_3_RIZKI_MUHAMMAD_88359_2083_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa kurangnya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang masih di bawah standar kelulusan, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk mengatasi hal tersebut maka digunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 6 Gunung Talang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 6 Talang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Gunung Talang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 102 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 50 orang, yaitu kelas VIII b dan VIII c. Teknik pengumpulan data adalah tes dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal-soal tes dan teknik analisa data menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas sampel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa t hitung > t tabel , 4.93 > 0.173, yang dibuktikan dengan taraf kepercayaan 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan NHT dengan pendekatan konvensional. Jadi hipotesis yang berbunyi dengan menerapkan model pembelajaran NHT dapat mengefektifkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 6 Gunung Talang, diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model NHT sangat efektif diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada pokok bahasan pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Numbered Head Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:57
Last Modified: 22 Apr 2025 02:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6647

Actions (login required)

View Item
View Item