Kontribusi Perhatian Orangtua dan Iklim Sekolah terhadap Motivasi Berprestasi Siswa serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling

Nofrizal, Nofrizal (2020) Kontribusi Perhatian Orangtua dan Iklim Sekolah terhadap Motivasi Berprestasi Siswa serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NOFRIZAL_17151062_4235_2020.pdf] Text
B1_1_NOFRIZAL_17151062_4235_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya motivasi berprestasi siswa merupakan hal yang harus
diperhatikan.Perhatian orangtua (Ibu dan Ayah) dan iklim sekolah menjadi faktor
yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan: (1) perhatian Ibu; (2) perhatian Ayah; (3) iklim sekolah; (4)
motivasi berprestasi; (5) kontribusi perhatian Ibu terhadap motivasi berprestasi; (6)
kontribusi perhatian Ayah terhadap motivasi berprestasi; (7) kontribusi iklim sekolah
terhadap motivasi berprestasi; (8) kontribusi tidak langsung perhatian Ibu terhadap
motivasi berprestasi melalui perhatian Ayah;(9)kontribusi perhatian Ibu dan
perhatian Ayah secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi siswa; dan (10)
kontribusi perhatian Ibu, perhatian Ayah dan iklim sekolah secara bersama-sama
terhadap motivasi berprestasi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif,
analisis regresi dan analisis jalur.Populasi penelitian ini adalah siswa SMK
Muhammadiyah 1 Padang, yaitu siswa yang memiliki orangtua utuh (ayah dan ibu)
yang berjumlah 315 siswa, Sampel penelitian ini berjumlah 233 siswa yang diambil
dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan
adalah “Skala Perhatian Orangtua” dengan nilai reliabilitas sebesar 0,888, “skala
Iklim Sekolah” dengan nilai reliabilitas sebesar 0,949, dan “Skala Motivasi
Berprestasi” dengan nilai reliabilitas sebesar 0,885.Data dianalisis dengan analisis
regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda dan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perhatian Ibu berada pada kategori
baik; (2) perhatian Ayah berada pada kategori cukup baik; (3) iklim sekolah berada
pada kategori sangat baik; (4) motivasi berprestasi siswa termasuk berada pada
kategori sedang; (5)perhatian Ibu terhadap motivasi berprestasi berkontribusi secara
signifikan; (6) perhatian Ayah terhadap motivasi berprestasi berkontribusi secara
signifikan; (7) iklim sekolah terhadap motivasi berprestasi berkontribusi secara
signifikan; (8) kontribusi tidak langsung perhatian Ibu terhadap motivasi berprestasi
melalui perhatian Ayah berkontribusi secara signifikan; (9) perhatian Ibu dan
perhatian Ayah secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi berkontribusi
secara signifikan; (10) perhatian Ibu, perhatian Ayah dan iklim sekolah secara
bersama-sama terhadap motivasi berprestasi berkontribusi secara signifikan. Hasil
penelitan ini dapat dijadikan sebagai dasar oleh guru bimbingan dan konseling dalam
memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dengan melibatkan
orangtua dan bekerja samadengankepala sekolahuntuk menciptakan iklim sekolah
yang kondusif agar dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Parents Attention (Mother and Father), School Climate, Achievement Motivation
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:13
Last Modified: 22 Apr 2025 02:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6638

Actions (login required)

View Item
View Item