Putri, Rizki Eka (2013) Hubungan Pemanfaatan Social Networking dengan Peningkatan Kolaborasi dalam Kegiatan Pembelajaran di SMA N 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIZKI_EKA_PUTRI_01230_3374_01230.pdf [thumbnail of B1_3_RIZKI_EKA_PUTRI_01230_3374_01230.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIZKI_EKA_PUTRI_01230_3374_01230.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan hubungan pemanfaatan social networking dengan peningkatan kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran di SMA N 7 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang hubungan pemanfaatan social networking dengan peningkatan kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa,siswa dan siswa serta guru,siswa dan media. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang tidak mengkaji hipotesis, tetapi hanya menggambarkan apa adanya suatu variabel, gejala/ keadaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 7 Padang sebanyak 356 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dimana populasi ditentukan dengan sampling acak sederhana menggunakan pengundian dan diambil 40 orang siswa sebagai sampel. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, digunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi/pengamatan dan angket atau kuesioner (questionnaire) yaitu suatu teknik atau cara mengumpulkan data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya jawab dengan responden). Instrumen atau alat pengumpulan data berisi sejumlah pertanyaan yang harus dijawab atau direspon oleh responden. Analisis data yang diperoleh dengan cara perhitungan uji koefisien korelasi dengan menggunakan program perhitungan SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 15. Hasil pengolahan data yang dilakukan menunjukkan bahwa pemanfaatan social networking dengan peningkatan kolaborasi dalam kegiatan pembelajaran memilki hubungan yang signifikan, dan memiliki kontribusi 18,40% untuk kolaborasi antara guru dan siswa, 19,62% untuk kolaborasi antara siswa dan siswa serta 20,61% untuk kolaborasi antara guru, siswa dan media.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Pemanfaatan, Kolaborasi Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:12 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6627 |