Pelaksanaan Kecakapan Hidup dalam Memasak oleh Kelayan Tunanetra di Kelas Dasar PSBN Tuah.Sakato Padang

Satria, Muhammad Nuries (2020) Pelaksanaan Kecakapan Hidup dalam Memasak oleh Kelayan Tunanetra di Kelas Dasar PSBN Tuah.Sakato Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MUHAMMAD_NURIES_SATRIA_15003130_1296_2020.pdf] Text
B1_2_MUHAMMAD_NURIES_SATRIA_15003130_1296_2020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penguasaan kecakapan hidup sangatlah penting sebab untuk
kemandirian tunanetra di masyarakat agar tidak tergantung sepenuhnya dengan orang lain. Di Panti Sosial Bina Netra kelas dasar terdapat kelayan tunanetra yang mandiri untuk melaksanakan memasak di ruang keterampilan kehidupan
sehari-hari sehingga peneliti tertarik untuk mengungkap hal tersebut. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yang menjadi subjek dalam penelitian ini merupakan kelayan tunanetra dengan responden penelitian yaitu instruktur, teman kelas kelayan dan kepala seksi
kecakapan dan keterampilan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan cara mengorganisasikan data kedalam
kategori-kategori tertentu, memaparkan kedalam unit–unit, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber sehingga data yang didapatkan mudah dipahami. Hasil penelitian menemukan bagaimana kedua orang kelayan tunanetra
dalam sebelum melaksanakan memasak, kelayan tunanetra membersihkan alat masak dengan air mengalir yang digosok menggunakan sabun, membuang bagian sayur yang tidak diperlukan saat mencuci sayur dan mempersiapkan
resep masakan yang akan dimasak. Pelaksanaan memasaknya dengan memotong sayur secara perlahan menggunakan pisau yang tidak tajam,mengukur panas dengan mendekatkan salah satu tangan kearah wajan atau memasukan sedikit bahan ke wajan. teknik memasak yang dilatih untuk kelayan yaitu menggoreng dan merebus. Memanasi bahan makanan yang sudah
tersedia dan menggunakan alat untuk mengolah bahan makanan. Dalam pelaksanaanya terdapat kendala yang dihadapi oleh kelayan seperti memotong bahan yang tidak sama besar, tidak terbalik seluruh bagian masakan, dankesulitan membedakan bumbu. kendala dapat diatasi dengan cara giat berlatih
dan mengulang pelajaran yang telah diajarkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:11
Last Modified: 22 Apr 2025 02:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item
View Item