Amin, Muhammad Husni (2013) Pengaruh Penerapan Learning Contract (Kontrak Belajar) Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Negeri 1 Rao Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MUHAMMAD_HUSNI_AMIN_05507_2533_2013.pdf [thumbnail of B1_2_MUHAMMAD_HUSNI_AMIN_05507_2533_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MUHAMMAD_HUSNI_AMIN_05507_2533_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang didominasi oleh guru, kurang cocoknya strategi yang dipakai dan kurangnya interaksi siswa menimbulkan kejenuhan dan siswa cenderung pasif. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Rao. Untuk itu siswa perlu diperkenal dan dilatih cara pemecahan permasalahan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah penerapan model Learning Contract (Kontrak Belajar). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Contract (Kontrak Belajar) terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Rao. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model
pembelajaran Learning Contract (Kontrak Belajar) terhadap hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Rao.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen, dengan menggunakan model Formula Control Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IS semester I SMA Negeri 1 Rao yang
terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dipilih dengan cara random kelompok, dan terpilih kelas kontrol XI IPS 4 dan kelas ekperimen XI IPS 1 sebagai kelas sampel. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji kesamaan dua
rata-rata. Hasil belajar kelas kontrol, nilai rata-rata posttest adalah 4,66 sedangkan di kelas eksperimen adalah 4,84, rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas
kontrol. Selain itu juga dilihat dari uji chi square (X
2 ) yang dilakukan, berdasarkan uji X2 yang didapat X
2 hitung 3,3 pada taraf nyata 0,05 dengan df = 1
dan diperoleh X 2 tabel 3,84. Dengan demikian X 2 hitung < X 2 tabel maka hipotesis penelitian ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran Learning Contract (Kontrak Belajar) tidak terdapat pengaruh hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rao.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 01:01 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 01:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6604 |