Efek Self Efficacy Akademik, Happiness, dan Life Satisfaction terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama

Putra, Ade Herdian (2023) Efek Self Efficacy Akademik, Happiness, dan Life Satisfaction terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ADE_HERDIAN_PUTRA_21151001_3268_2023.pdf] Text
B1_01_ADE_HERDIAN_PUTRA_21151001_3268_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Stres akademik merupakan reaksi fisik dan psikologis dengan gejala negatif
pada fisik, perilaku, kognitif, dan emosional yang disebabkan sumber stres akademik
(academic stressor). Stres akademik yang dialami oleh mahasiswa tahun pertama
dapat mengganggu mahasiswa tahun pertama dalam memenuhi tuntutan akademik
perguruan tinggi. Stres akademik mahasiswa tahun pertama dipengaruhi self efficacy
akademik, happiness, dan life satisfaction. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1)
mendeskripsikan tingkat self efficacy akademik mahasiswa tahun pertama, (2)
mendeskripsikan tingkat happiness mahasiswa tahun pertama, (3) mendeskripsikan
tingkat life satisfaction mahasiswa tahun pertama, (4) mendeskripsikan tingkat stres
akademik mahasiswa tahun pertama, dan (5) menguji efek self efficacy akademik,
happiness, dan life satisfaction terhadap stres akademik mahasiswa tahun pertama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan
Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Populasi penelitian ini
adalah mahasiswa tahun pertama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Padang yang berjumlah 1.461 mahasiswa, dengan sampel 314 mahasiswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah skala self efficacy akademik, skala happiness,
skala life satisfaction, dan skala stres akademik mahasiswa tahun pertama. Data
dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, selanjutnya model struktural penelitian
dianalisis menggunakan analisis partial least square.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) Self efficacy akademik,
happiness, life satisfaction berada pada kategori tinggi, dan stres akademik
mahasiswa tahun pertama berada pada ketegori rendah, (2) Self efficacy akademik,
happiness, dan life satisfaction signifikan berefek terhadap stres akademik, (3) life
satisfaction signifikan menjadi intervening pada efek self efficacy akademik terhadap
stres akademik, life satisfaction menjadi intervening efek happiness terhadap stres
akademik, namun tidak signifikan. Penelitian ini berimplikasi pada pelaksanaan
Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi untuk dapat membantu mahasiswa
tahun pertama tidak mengalami masalah stres akademik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik; Self Efficacy Akademik; Happiness; Life Satisfaction
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:52
Last Modified: 20 Jan 2025 03:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item
View Item