Pengembangan Media Timeline Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa

TsurayyaNory, Laura (2019) Pengembangan Media Timeline Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_LAURA_TSURAYYA_NORY_15046040_2883_2021.pdf] Text
B1_2_LAURA_TSURAYYA_NORY_15046040_2883_2021.pdf

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum tersedianya media
pembelajaran yang secara maksimal menekankan pada aspek berpikir kronologis
yang merupakan salah satu aspek dari berpikir historis. Media pembelajaran yang
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana proses pengembangan media timeline
interaktif untuk pembelajaran sejarah siswa SMA kelas XI. 2) Menganalisis
kelayakan media dan keefektifan belajar setelah penggunaan media timeline
interaktif tersebut untuk siswa kelas XI di SMAN 2 Padang.
Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan
mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 33
siswa SMA Negeri 2 Padang kelas XI IPS 2. Pada penelitian ini dilakukan uji
kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media yaitu 2 orang ahli
materi dan 2 orang ahli media untuk melihat kelayakan media sebelum dilakukan
uji coba. Selain itu, juga dilakukan uji praktikalitas oleh guru Sejarah Indonesia
kelas XI dan 33 orang siswa untuk melihat kepraktisan media timeline interaktif.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari
media timeline interaktif, angket uji validasi media, angket validasi materi, soal
pretest dan posttest, dan angket praktikalitas penggunaan media timeline interaktif
oleh guru dan siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis
kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa
media timeline interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media
berdasarkan penilaian dari ahli materi menyatakan media timeline interaktif
sangat layak digunakan dengan data rerata penelitian sebesar 4,49, sedangkan
kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli media menyatakan media timeline
interaktif sangat layak digunakan dengan rerata penelitian terhadap media
diperoleh skor 4,26. Produk penelitian efektif dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kronologis siswa dengan n-gain 0,68 dan dikategorikan sedang. Produk
penelitian juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata�rata 4,75 dan 4,50

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA TIMELINE INTERAKTIF, BERPIKIR KRONOLOGIS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:01
Last Modified: 22 Apr 2025 01:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6599

Actions (login required)

View Item
View Item