Meningkatkan Keterampilan Membuat Peyek Rinuak Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Tunagrahita Ringan D.VI di SDLB Negeri 64 Surabayo Lubuk Basung

Purwati, Endang (2015) Meningkatkan Keterampilan Membuat Peyek Rinuak Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Tunagrahita Ringan D.VI di SDLB Negeri 64 Surabayo Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ENDANG_PURWATI_1207348_704_2015.pdf] Text
B1_2_ENDANG_PURWATI_1207348_704_2015.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum mampunya anak tunagrahita ringan Kelas D.VI SDLB Negeri 64 Surabayo Lubuk Basung menguasai keterampilan membuat Peyek Rinuak. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya anak mempraktekkan kegiatan membuat Peyek Rinuak dengan baik dan benar. Oleh sebab itu dalam penelitian ini digunakan metode demonstrasi. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah: untuk 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membuat Peyek Rinuak melalui metode demonstrasi dan 2) Membuktikan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan membuat Peyek Rinuak bagi anak tunagrahita ringan kelas D.VI di SDLB Negeri 64 Surabayo Lubuk Basung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat. Subjek tiga orang anak tunagrahita ringan kelas D.VI dan satu orang guru. Data diperoleh melalui observasi, tes. Kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran membuat Peyek Rinuak dengan menggunakan metode demonstrasi dilakukan dengan dua siklus. Siklus I dengan tujuh kali pertemuan dan siklus II empat kali pertemuan. Masing-masing siklus diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan (kegiatan awal, inti dan akhir), observasi, analisis dan dan refleksi. 2) Hasil dari pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dalam membuat Peyek Rinuak mengalami peningkatan. Hal ini dapat lihat dari data sebelum tindakan kemampuan anak dalam melakukan 20 langkah membuat Peyek Rinuak yakni: HD (30%), RK adalah (40%) dan YN (60%). Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan HD meningkat menjadi (77.5%) dan RK (77.5%) dan YN (87.5%). Setelah siklus II kemampuan HD meningkat menjadi (95%) dan RK (97.5%) dan YN menjadi (100%). Hal ini dapat disimpulkan bahwa ketiga anak ini mengalami peningkatan kemampuan membuat Peyek Rinuak setelah diberikan metode demonstrasi secara intensif kepada anak tunagrahita ringan kelas D.VI di di SDLB Negeri 64 Surabayo Lubuk Basung. Disarankan kepada guru keterampilan agar dapat menggunakan metode demonstrasi dalam mengajarkan keterampilan lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN MEMBUAT PEYEK RINUAK, METODE DEMONSTRASI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 09:33
Last Modified: 21 Apr 2025 09:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6580

Actions (login required)

View Item
View Item