Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Mursini, Nini (2012) Kontribusi Motivasi Berprestasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NINI_MURSINI_80790_3776_2012.pdf] Text
B1_1_NINI_MURSINI_80790_3776_2012.pdf

Download (96kB)

Abstract

Dari hasil pengamatan yang dilakukan terhadap beberapa guru SMP Negeri
Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, terlihat kinerja mereka masih
rendah. Fenomena ini diduga berhubungan dengan faktor motivasi berprestasi dan
kepemimpinan kepala sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Kontribusi motivasi
berprestasi guru terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Pasaman
Kabupaten Pasaman Barat. 2) Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap
kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. 3)
Kontribusi motivasi berprestasi guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara
bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Pasaman Kabupaten
Pasaman Barat
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis ex post facto, yang
dimaksudkan untuk meneliti peristiwa-peristiwa yang telah terjadi mengenai
kinerja dan motivasi berprestasi guru, serta kepemimpinan kepala sekolah.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMPN Kecamatan Pasaman sebagai
subjek penelitian sebanyak 167 orang guru. Teknik pengambilan sampel adalah
teknik stratified proportional random sampling, jumlah sampel penelitian adalah
sebanyak 59 orang guru SMPN Kecamatan Pasaman.
Hasil penelitian ini adalah 1) Motivasi berprestasi guru berkontribusi
signifikan terhadap kinerja guru SMPN Kecamatan Pasaman pada tingkat
kepercayaan 99% dengan koefisien korelasi Motivasi Berprestasi Guru (X1)
dengan Kinerja Guru (Y) adalah sebesar 0,445 atau berkontribusi sebesar 19,8%.
2) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi signifikan terhadap kinerja
guru SMPN Kecamatan Pasaman pada tingkat kepercayaan 99% dengan koefisien
korelasi Kepemimpinan Kepala sekolah (X2) dengan Kinerja Guru (Y) adalah
sebesar 0,341 atau berkontribusi sebesar 11,6% 3) motivasi berprestasi dan
kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi signifikan
terhadap kinerja guru SMPN Kecamatan Pasaman pada tingkat kepercayaan 99%,
dengan koefisien korelasi ganda antara Motivasi Berprestasi Guru dan
Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru secara bersama-sama adalah
sebesar 0,510 atau berkontribusi sebesar 26%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 09:04
Last Modified: 21 Apr 2025 09:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item
View Item