Sari, Nurnima (2013) Pengembangan Modul Bernuansa Karakter Dilengkapi Peta Konsep pada Materi Protista untuk SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YURNIMA_SARI_12645_3081_2013.pdf [thumbnail of B1_3_YURNIMA_SARI_12645_3081_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YURNIMA_SARI_12645_3081_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Bahan ajar tertulis materi protista untuk SMA yang tersedia tidak mudah dipahami dan kurang menarik bagi siswa sehingga diperlukan suatu pengembangan bahan ajar. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran perlu dikembangkan bahan ajar berupa modul. Selain itu, untuk memudahkan siswa mengingat dan memahami konsep-konsep penting dalam materi pelajaran, maka digunakan peta konsep. Kenyataannya, penyajian materi dalam modul masih banyak menekankan pada pencapaian ranah kognitif saja, sedangkan menumbuhkan sikap positif pada ranah afektif cenderung terabaikan. Sebaiknya modul yang dikembangkan juga menekankan pada ranah afektif siswa, yaitu dengan menyisipkan nilai-nilai karakter positif pada modul. Berdasarkan hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul dilengkapi bernuansa karakter peta konsep pada materi protista untuk SMA, dan untuk mengetahui kriteria validitas serta praktikalitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D model, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini untuk validasi terdiri dari 6 orang validator yaitu: 3 orang dosen Universitas Negeri Padang dan 3 orang guru SMA Negeri 4 Solok. Sedangkan untuk uji praktikalitas terdiri dari 3 orang guru SMA Negeri 4 Solok dan 30 siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok . Data penelitian ini adalah data primer yang dianalisisa dengan analisis deskriptif. Dari penelitian dihasilkan produk berupa modul dilengkapi peta konsep bernuansa karakter. Modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator baik dengan nilai rata-rata 85,84% dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafikan. Modul yang dihasilkan juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 91,15% dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 91,57% dari segi kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, dan manfaat. Hal ini menunjukkan bahwa modul bernuansa karakter dilengkapi peta konsep pada materi protista yang dihasilkan sudah valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 09:04 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6569 |