Pembinaan Kompetensi Sosial Guru oleh Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Fitri, Rahmah (2017) Pembinaan Kompetensi Sosial Guru oleh Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Administrasi Pendidikan.

[thumbnail of B1_01_RAHMAH_FITRI_1300045_5150_2017.pdf] Text
B1_01_RAHMAH_FITRI_1300045_5150_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan sementara yang menunjukan bahwa, pembinaan kompetensi sosial guru oleh Kepala Sekolah belum terlaksana sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan kompetensi sosial guru oleh Kepala Sekolah di SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Seberapa baikkah pembinaan kompetensi sosial guru oleh Kepala Sekolah di SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana pembinaan kompetensi sosial guru oleh Kepala Sekolah di SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh guru SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang yang berjumlah 238 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel didapatkan sebanyak 78 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan angket model Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan rumus jumlah perkalian frekuensi jawaban dengan skor dibagi dengan sampel atau responden yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembinaan kompetensi guru dalam berkomunikasi secara lisan dan tulisan berada dalam kategori cukup dengan skor rata-rata 3,5; (2) pembinaan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional berada dikategori cukup dengan skor rata-rata 3,4; (3) pembinaan kompetensi guru dalam bergaul secara ektif dengan peserta didik, guru, dan orang tua peserta didik pada kategori baik dengan skor rata rata 3,6; dan (4) pembinaan kompetensi guru dalam bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3.5. Secara keseluruhan pembinaan kompetensi sosial guru oleh Kepala Sekolah di SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,5.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 04 Feb 2025 02:16
Last Modified: 04 Feb 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item
View Item