Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Drilling Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Bengkulu Selatan

Febrianti, Mike (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Drilling Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 8 Bengkulu Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MIKE_FEBRIANTI_11677_4114_2014.pdf] Text
B1_3_MIKE_FEBRIANTI_11677_4114_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMAN 8 Bengkulu Selatan, terlihat bahwa hasil belajar siswa masih banyak berada di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) khususnya pada mata pelajaran Ekonomi. Hal ini disebabkan guru menerapkan pendekatan pembelajaran konvensional, sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian yang menggunakan metode pembelajaran Snowball Drilling. Penelitian ini bertujuan untuk menguji siknifikansi Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Drilling Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Bengkulu Selatan. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 8 Bengkulu Selatan yang berjumlah 88 orang yang terdiri dari 4 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas X 1 yang berjumlah 22 orang siswa dan kelas X i 4 yang berjumlah 24 orang siswa . Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan t-tes pada taraf signifikan α 0,05. Data yang akan dianalisis dengan t-tes terlebih dahulu di uji normalitasnya dengan teknik lillieffors dan uji normalitas dilakukan dengan uji barlet. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan tes. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 80,45 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 73,03. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 3,11 sedangkan pada taraf signifikansi α 0,05 t tabel 1,684, sehingga t hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan metode pembelajaran Snowball Drilling memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMAN 8 Bengkulu Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Snowball Drilling, kriteria ketuntasan minimum (KKM)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:52
Last Modified: 21 Apr 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6547

Actions (login required)

View Item
View Item