Putra, Hadi Hamzah (2016) Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Berkurikulum 2013 di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_HADI_HAMZAH_PUTRA_1205606_5714_2016.pdf [thumbnail of B1_03_HADI_HAMZAH_PUTRA_1205606_5714_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_HADI_HAMZAH_PUTRA_1205606_5714_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Keberhasilan dalam pembelajaran sains (IPA) salah satunya dapat diperoleh jika siswa memiliki kemampuan literasi sains yang baik. Hasil survei menunjukkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah. Rendahnya skor perolehan siswa Indonesia mencermin rendahnya kemampuan IPA di Indonesia. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa SMP kelas VIII di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 8 Padang, SMPN 12 Padang dan SMP SIMA Padang menggunakan kurikulum 2013 dengan jumlah populasi yaitu 600. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah proporsional sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah naskah soal tes literasi sains PISA yang diambil dari buku Take The Test: Sample Question From OECD’s PISA Assessment yang telah diterjemahkan. Teknik analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan jawaban soal literasi sains dan penentuan nilai. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa capaian literasi sains siswa SMP di Kota Padang rendah yaitu dengan nilai 26,6. Proses sains siswa adalah 26,04 dengan kategori rendah, kemudian aspek konten yaitu 26,68 kategori rendah, aspek konteks 25,37 kategori rendah dan berdasarkan format soal adalah 25,78 juga termasuk kategori rendah. Format soal yang paling banyak dijawab benar adalah soal majemuk yaitu 31,72 kategori rendah, diikuti soal objektif 29,38 kategori rendah dan yang banyak dijawab salah adalah soal uraian yaitu 16,26 dengan kategori rendah. Jadi berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulan bahwa kemampuan literasi sains siswa SMP kelas VIII di Kota Padang rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Pembelajaran Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:52 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6545 |