Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMPN 34 Padang

Delita, Riza Elpia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMPN 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIZA_ELPIA_DELITA_15031022_2517_2019.pdf] Text
B1_3_RIZA_ELPIA_DELITA_15031022_2517_2019.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran IPA masih kurang memperhatikan Keterampilan Proses Sains (KPS). Pembelajaran cenderung berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Hasil uji pendahuluan menunjukkan rata-rata KPS siswa kurang dari 50%, oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang memungkinkan guru untuk melatih KPS peserta didik. Salah satu model yang bisa digunakan adalah model problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model problem solving terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik kelas VIII SMPN 34 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Control Group Posstest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 34 Padang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen dan VIII7 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik porposive sampling. Instrumen berupa lembar observasi pengamatan aktivitas peserta didik untuk memperoleh data Keterampilan Proses Sains. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas Keterampilan Proses Sains peserta didik di kelas eksperimen (76,75) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (61,94). Analisis data menunjukkan bahwa t hitung i 5,78 > t tabel 1,67, artinya hipotesis diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem solving berpengaruh positif berarti terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik kelas VIII SMPN 34 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Solving, Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:52
Last Modified: 21 Apr 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6541

Actions (login required)

View Item
View Item