Pengaruh Strategi Belajar Kognitif dan Ketertarikan pada Kegiatan Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Siswa SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman

Z., Mila Fitrita (2016) Pengaruh Strategi Belajar Kognitif dan Ketertarikan pada Kegiatan Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Siswa SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Padang Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MILA_FITRITA_Z_1204348_2481_2016.pdf] Text
B1_2_MILA_FITRITA_Z_1204348_2481_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah Korelasi Multivariat yang dilaksanakan di SMPN 1 Sintoga Padang Pariaman yang bertujuan untuk membuktikan bahwa Cognitive Learning strategy sebagai variabel bebas (X1) dan Interest on writing (X2) mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional tehnik sampling. 50% dari populasi diberikan angket strategi belajar yang terdiri dari enam tipe learning strategi. Siswa yang memiliki nilai tinggi pada Cognitive Learning Strategy akan diambil sebagai sampel penelitian. Dari 63 siswa sebagai populasi, 38 siswa terkategori sebagai siswa yang menggunakan Cognitive Learning strategy sebagai strategi belajar. Selanjutnya sampel diberikan angket Cognitive Learning strategy untuk mengelompokkan mereka kedalam upper dan lower cognitive learning strategy. Pengelompokkan data didapatkan 62,05% siswa terkategori upper cognitive learning strategy dan 28,95% terkategori lower cognitive learning strategy. Data sampel didapatkan bahwa sampel juga diberikan angket interest on writing untuk menentukan kelompok upper dan lower interest on writing. Hasil analisa data menunjukkan bahwa 57,89% siswa terkategori upper interest on writing dan 43,11% siswa terkategori lower interest on writing. Data deskriptif menunjukkan bahwa mean score Cognitive Learning strategy berada pada 2,853 dengan standar deviasi 0,6993. Sedangkan interest on writing berada pada mean score 3,039 dengan standar deviasi 0,6096. Selanjutnya analisa inferensial digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Dari hasil uji t didapatkan bahwa Cognitive learning strategy mempengaruhi kemampuan menulis siswa SMPN 1 Sintoga dengan nilai uji t 3,5032 > 2,402. Uji t juga menunjukkan bahwa interest on writing mempengaruhi kemampuan menulis siswa dengan nilai t 3,881>2,402. Dari uji t yang dilakukan terlihat bahwa interest on writing lebih mempengaruhi kemapuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi belajar kognitif, Kegiatan menulis, Kemampuan menulis siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:51
Last Modified: 21 Apr 2025 08:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item
View Item