Pengaruh Strategi Pembelajaran The Firing Line yang Diawali Pemberian Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2010/2011

Sarman, Riza Putri (2012) Pengaruh Strategi Pembelajaran The Firing Line yang Diawali Pemberian Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIZA PUTRI SARMAN_86218_2012.pdf] Text
B1_3_RIZA PUTRI SARMAN_86218_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kurangnya aktifitas belajar siswa sehingga siswa sering pasif dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran The Firing Line yang diawali pemberian peta konsep diharapkan dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran biologi. Dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran The Firing Line yang diawali pemberian peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 3 Pariaman tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Pariaman. Karena keseluruhan kelas yang menjadi populasi penelitian terdistribusi normal dan homogen, maka untuk menentukan kelas sampel digunakan teknik random sampling. Dari hasil penarikan sampel didapatkan kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 orang dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer berupa tes akhir dari kedua kelas sampel yang terpilih. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes akhir dalam bentuk objektiv dan berjumlah 40 soal, kemudian data di analisis dengan menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh t hitung yaitu 2,26. Bila dibandingkan dengan t tabel yaitu 1,67, maka t hitung > t tabel . Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran The Firing Line yang diawali pemberian peta konsep berpengaruh positif pada taraf signifikan 0,05 terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 3 Pariaman tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Firing Line, Peta Konsep, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:51
Last Modified: 21 Apr 2025 08:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6534

Actions (login required)

View Item
View Item