Herliani, Mika (2015) Pengaruh Pembuatan Mind Map pada Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA di SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MIKA_HERLIANI_18383_2287_2015.pdf [thumbnail of B1_3_MIKA_HERLIANI_18383_2287_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MIKA_HERLIANI_18383_2287_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Proses pembelajaran Biologi di SMAN 8 Padang yang di dominasi oleh metode ceramah menyebabkan rendahnya kompetensi siswa yang meliputi kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa adalah dengan menerapkan pembuatan Mind Map pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembuatan Mind Map pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas X IPA di SMAN 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian RandomizedControl Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 8 Padang Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas X IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas X IPA (kelas kontrol). Data penelitian adalah kompetensi siswa yang meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Instrumen penilaian berupa tes (tes objektif) untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi sikap untuk kompetensi sikap dan lembaran observasi keterampilan untuk kompetensi keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kompetensi siswa (kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan) kelas eksperimen (84,0; 82,0, dan 78,2) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (79,0; 78,3 dan 76,2).Uji hipotesis menunjukkan pembuatan Mind Map pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan dan kompetensi sikap siswa, tetapi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi keterampilan siswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembuatan Mind Map pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan dan kompetensi sikap siswa, namun tidak berpengaruh terhadap kompetensi keterampilan siswa kelas X IPA di SMAN 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Map, Think Talk Write, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:51 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6533 |