Pengembangan Modul bernuansa Pendidikan Karakter yang Dilengkapi Mind Map pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk SMA

Rahmi, Miftahur (2014) Pengembangan Modul bernuansa Pendidikan Karakter yang Dilengkapi Mind Map pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MIFTAHUR_RAHMI_17462_1454_2014.pdf] Text
B1_3_MIFTAHUR_RAHMI_17462_1454_2014.pdf

Download (9MB)

Abstract

Bahan ajar tertulis yang masih kurang dipahami bagi siswa merupakan suatu kendala dalam pembelajaran biologi sehingga diperlukan suatu pengembangan bahan ajar, diantaranya berbentuk modul. Kenyataannya, penyajian materi biologi dalam modul masih banyak menekankan pada pencapaian ranah kognitif saja, sedangkan ranah afektif cenderung terabaikan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan modul yang juga menekankan pada ranah afektif siswa, yaitu dengan menyisipkan nilai-nilai karakter positif pada modul. Selain itu, materi biologi adalah materi yang cukup padat, salah satunya adalah materi sistem peredaran darah. Materi yang padat dapat membuat siswa kesulitan dalam memahaminya. Oleh sebab itu, diperlukan solusi untuk megatasi hal ini. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melengkapi bahan ajar dengan mind map. Berdasarkan hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul bernuansa pendidikan karakter yang dilengkapi mind map pada materi sistem peredaran darah untuk SMA, serta untuk mengetahui kriteria validitas dan praktikalitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D models, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang validator dan uji praktikalitas oleh 3 orang guru dan 20 orang siswa kelas XI SMAN 4 Padang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari penelitian dihasilkan produk berupa modul. Berdasarkan data yang diperoleh, modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator baik dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafikan dengan nilai rata-rata 89,72%. Modul yang dihasilkan dikategorikan praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 84.81% dan juga dikategorikan praktis oleh siswa dengan nilai ratarata 88,64% dari segi kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, dan manfaat. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul bernuansa pendidikan karakter yang dilengkapi mind map yang dihasilkan sudah sangat valid dan praktis, serta bisa digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Mind Map, Sistem Peredaran Darah
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:51
Last Modified: 21 Apr 2025 08:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6530

Actions (login required)

View Item
View Item