Pengaruh Penerapan Strategi Teknik Probing Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XIIPA SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2011/2012

M., Padma Mike Putri (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Teknik Probing Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XIIPA SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MIKE PUTRI M-04926.pdf] Text
B1_2_MIKE PUTRI M-04926.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XIIPA SMANegeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Hal ini diduga disebabkan oleh kebiasaan siswa yang hanya menerima pemberian rumus atau konsep matematika secara lansung oleh guru, sehingga konsep tidak tertanam dengan baik dalam ingatan siswa.Untuk itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan teknik probing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah terdapat pengaruh penerapan teknik probing terhadap pemahaman konsep siswa?, dan Bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematika setelah diterapkannya teknik probing?”.Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan teknik probing terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Pertanyaan penelitian adalah Bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkannya teknk probing?. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XIIPA SMANegeri 1 Kubung Kabupaten Solok yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan melakukan langkah-langkah pengambilan sampel maka terpilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes akhir berupa soal essay yang menguji kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata nilai tes akhir dan persentase ketuntasan siswa yang pembelajarannya menggunakan teknik probinglebih tinggi daripada siswa yang pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan pemahaman konsep matematika siswa yang setelah diterapkannya startegi pembelajaran inkuiri lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkannya pembelajaran konvensional.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik probing berpengaruh terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas XI IPA SMANegeri 1 Kubung Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan strategi, Teknik probing, Konsep matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:49
Last Modified: 21 Apr 2025 08:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6515

Actions (login required)

View Item
View Item