Pengaruh Pemberian Leaflet Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament terhadap Kompetensi Belajar Bilogi Siswa Kelas X MAN 3 Padang

Kurniati, Yulya (2015) Pengaruh Pemberian Leaflet Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament terhadap Kompetensi Belajar Bilogi Siswa Kelas X MAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YULYA_KURNIATI_1106270_5890_2015.pdf] Text
B1_3_YULYA_KURNIATI_1106270_5890_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar biologi siswa disebabkan oleh pembelajaran yang kurang melibatkan partisispasi aktif dan menarik bagi siswa. Hal tersebut dapat diatasi dengan pemberian leaflet sebelum penerapan pembelajaran tipe Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian leaflet dalam pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas X MAN 3 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan model The Static Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Padang kecuali X , yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas X 1 5 sebagai kelas kontrol dan kelas X sebagai kelas eksperimen. Instrumen penilaian ranah kognitif berupa tes hasil belajar (tes objektif) sedangkan untuk ranah afektif dan psikomotor dilakukan dengan cara non tes yaitu mengisi lembaran observasi. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t dengan α = 0,05. Hasil uji hipotesis kedua kelas sampel pada kompetensi kognitif didapatkan t hitung (1,73) > t (1,67). Pada kompetensi afektif, uji hipotesis didapatkan t hitung tabel (2,10) lebih besar dari t (1,67). Pada kompetensi psikomotor didapatkan t hitung = 6,75 > t tabel tabel = 1,67. Dengan demikian, hipotesis diterima maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu pemberian leaflet dalam pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas X MAN 3 Padang tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:10
Last Modified: 21 Apr 2025 08:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6503

Actions (login required)

View Item
View Item