Fatma, Yulya (2014) Pengembangan Modul Pembelajaran Benuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Siswa SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YULYA_FATMA_18369_2939_2014.pdf [thumbnail of B1_3_YULYA_FATMA_18369_2939_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YULYA_FATMA_18369_2939_2014.pdf
Download (12MB)
Abstract
Tujuan pendidikan pada dasarnya adalah mengembangkan potensi spiritual, intelektual, dan emosional siswa melalui proses pembelajaran. Jika hal ini terlaksana dengan baik, maka proses pembelajaran akan lebih bermakna dan optimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran adalah dengan mengembangkan bahan ajar tertulis berupa modul yang mengintegrasikan potensi emosional, dan spiritual siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul bernuansa ESQ pada materi sistem peredaran darah manusia untuk SMA/MA, serta untuk mengetahui kriteria validitas dan praktikalitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan tiga tahap dari empat tahapan model pengembangan 4-D Models, yang terdiri dari fase pendefinisian (define), fase desain (design), fase pengembangan (develop), fase penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang validator, dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan 29 orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Panjang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul bernuansa ESQ. Modul bernuansa ESQ yang dihasilkan baik dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun aspek kegrafikan bernilai 85,71% dengan kriteria valid. Modul yang dihasilkan dari segi kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran, dan manfaat bernilai 87,50% oleh guru dan 82,99%, yang berarti bahwa keduanya berada pada kriteria praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul Pembelajaran, Emotional Spiritual Quotient |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:09 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6494 |