Jannah, Miftahul (2015) Problema Guru Pembimbing Khusus dalam Penyelenggaraan Program Pembelajaran Individual bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SD N 14 Koto Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MIFTAHUL_JANNAH_1100286_3489_2015.pdf [thumbnail of B1_2_MIFTAHUL_JANNAH_1100286_3489_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MIFTAHUL_JANNAH_1100286_3489_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi, dengan adanya temuan peneliti di lapangan, berkaitan dengan proses pembelajaran guru pembimbing khusus untuk siswa berkebutuhan khusus di SD N 14 Koto Panjang, sebanyak 34 orang berada ditingkat kelas yang berbeda. Dalam proses pembelajaran siswa dibimbing secara klasikal atas dasar kemampuan siswa yang sama dengan jenis hambatan yang sama juga. program pembelajaran dibuat dan digunakan sebagai PPI untuk setiap anak berkebutuhan khusus di sekolah. kemudian mendorong peneliti mendalami masalah tersebut yang terfokus pada Problema guru pembimbing khusus dalam penyelenggaraan PPI dalam bentuk perencanaan pembelajaran individual, pelaksanaan pembelajaran individual, evaluasi pembelajaran individual. Dengan tujuan mengetahui problema penyelenggaraan PPI dalam bentuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi guru pembimbing khusus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Yang menjadi informan pada penelitian ini adalah guru pembimbing khusus. Data didasari dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru pembimbing khusus mengajar siswa di kelas khusus. Dalam proses pembelajaran guru pembimbing khusus kesulitan dalam perencanaan program pembelajaran individual. Pelaksanaan pembelajaran belum maksimal, karena materi yang diajarkan guru di kelas disesuaikan dengan materi yang belum dikuasai siswa. Evaluasi pembelajaran, disamakan dengan siswa di kelas regular dan tidak adanya kriteria khusus. Harapan guru kelas kemampuan siswa berkebutuhan khusus sama dengan siswa lainnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari hasil temuan terlihat masih adanya kekurangan guru dalam melayani siswa di kelas khusus. karena kurangnya pengetahuan guru, dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang baik bagi siswa berkebutuhan khusus di kelas. Untuk itu diharapkan guru lebih memahami kembali mengenai proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran individual.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru pembimbing khusus, Program pembelajaran individual, Anak berkebutuhan khusus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:09 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6489 |