Pengaruh Pembelajaran Modul dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Muhammadyah Pekanbaru

Warman, Defi (2010) Pengaruh Pembelajaran Modul dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Muhammadyah Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DEFI_WARMAN_93187_5006_2012.pdf] Text
B1_1_DEFI_WARMAN_93187_5006_2012.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Pengaruh pembelajaran
modul dan konvensional terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan
Komunikasi siswa; (2) Interaksi antara pembelajaran modul dan pengetahuan awal
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi; (3) Pengaruh pembelajaran modul dan konvensional terhadap hasil
belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi kelompok siswa yang memiliki
pengetahuan awal tinggi; (4) Pengaruh pembelajaran modul dan konvensional
terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi kelompok siswa yang
memiliki pengetahuan awal rendah.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X di Sekolah Menengah
Atas Muhammadyah Pekanbaru yang berjumlah 314 orang dari 8 kelas yang ada.
Teknik penarikan sampel dengan cara simple random sampling. Dari random
yang dilakukan terpilih sebagai kelompok eksprimen siswa kelas X.4 dan siswa
kelas X.2 Sekolah Menengah Atas Muhammadyah Pekanbaru sebagai kelompok
kontrol. Sampel penelitian ini berjumlah 68 orang yang terdiri dari 34 orang
kelompok eksprimen, dan 34 orang untuk kelompok kontrol. Penelitian ini adalah
penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2, dan
diselenggarakan pada semester I tahun pelajaran 2010/2011. Data penelitian yang
terkumpul dianalisis dengan uji t dan Anava.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Hasil belajar siswa yang
diajar dengan pembelajaran modul memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari
pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (2) Tidak
terdapat interaksi antara pembelajaran modul dengan pengetahuan awal terhadap
hasil belajar, hal ini memberikan gambaran bahwa Pembelajaran modul dapat
digunakan guru untuk semua kalangan siswa tanpa memperhitungkan perbedaan
pengetahuan awal mereka; (3) Hasil belajar kelompok siswa dengan pengetahuan
awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran modul lebih tinggi dari hasil belajar
kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (4) Hasil belajar
kelompok siswa dengan pengetahuan awal rendah yang diajar dengan
pembelajaran modul lebih tinggi dari hasil belajar kelompok siswa yang diajar
dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:09
Last Modified: 21 Apr 2025 08:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6488

Actions (login required)

View Item
View Item