Pengembangan Computer Based Testing dengan Aplikasi “Kahoot!” pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran

Aisyah, Siti (2020) Pengembangan Computer Based Testing dengan Aplikasi “Kahoot!” pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ SITI_AISYAH_16004133_2194_2020.pdf] Text
B1_03_ SITI_AISYAH_16004133_2194_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pada evaluasi hasil belajar dengan menggunakan paper basedtest adalah proses perhitungan skoring yang membutuhkan waktu lama. Sehinggahasil tes tidak bisa diketahui secara langsung. Demikian pula terjadi pada matakuliah evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi hasil belajar pada mata kuliahevaluasi pembelajaran selama ini masih menggunakan paper based test, sehinggamahasiswa harus menunggu untuk mengetahui hasil tes. Maka, peneliti melakukanpenelitian dan pengembangan dengan mengembangkan soal computer based testmenggunakan aplikasi “Kahoot!”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agarmahasiswa bisa mengetahui hasil tes yang dikerjakan dan bisa mengerjakan tes dimana saja dan kapan saja sampai batas waktu yang telah ditentukan. Penelitian danpengembangan ini menerapkan model ADDIE yang dilakukan secara lima tahapan.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan angket responmahasiswa terhadap penggunaan aplikasi “Kahoot!”. Analisis data yang diperolehterbagi dua jenis yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil data kualitatifberdasarkan kritik dan saran yang dipaparkan validator untuk memperbaikiinstrumen soal. Hasil validasi instrumen soal berada pada kategori “layakdigunakan dengan banyak revisi”, hasil uji coba soal diperoleh 46 soal “valid”.Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan berada pada kategori “cukup praktis”dengan nilai 3.80 dan untuk hasil uji efektifitas Asymp. Sig. (2-tailed) 0,068 artinya“tidak ada pengaruh antara tes menggunakan aplikasi “Kahoot!” dengan tesmenggunakan google form”. Namun dilihat dari hasil tes yang diperoleh olehmahasiswa dengan perlakuan yang berbeda tersebut terdapat perbedaan nilaisehingga ini membuktikan bahwa aplikasi ini efektif digunakan dengan persyaratansinyal provider yang sangat mendukung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Computer based testing, Kahoot!, Evaluasi pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:07
Last Modified: 21 Apr 2025 08:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6475

Actions (login required)

View Item
View Item