Implementasi Program Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif IPA Terpadu Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VIII SMPN 34 Padang

Fitri, Yulisa (2014) Implementasi Program Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif IPA Terpadu Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VIII SMPN 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YULISA_FITRI_11740_463_2014.pdf] Text
B1_3_YULISA_FITRI_11740_463_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kecenderungan perubahan dan inovasi dalam dunia pendidikan mempermudah guru mencari media dan sumber belajar salah satunya dengan menggunakan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pembelajaran menggunakan multimedia interaktif IPA terpadu pada mata pelajaran biologi di kelas VIII SMPN 34 Padang. Implementasi program pembelajaran menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi kelas VIII SMPN 34 Padang sudah baik tetapi masih belum maksimal karena terbatasnya multimedia interaktif dan guru hanya menggunakan nya saat materi aplikatif saja. Tidak semua materi dapat diajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran IPA terpadu pada mata pelajaran biologi di kelas VIII SMPN 34 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMPN 34 Padang yang berjumlah 224 orang. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling, yaitu kelas VIII sebanyak 69 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi langsung, dengan alat pengumpul data yaitu lembaran pedoman observasi dan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi multimedia interaktif di SMPN 34 Padang, sudah terlaksana cukup baik. Sarana dan prasarana sudah memadai, tetapi tidak semua materi menggunakan multimedia interaktif karena tidak semua materi cocok menggunakan media ini. Guru hanya dapat menggunakan multimedia interaktif pada materi yang bersifat aplikatif saja. Dengan menggunakan multimedia interaktif siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan, karena di dalam multimedia interaktif tidak hanya berupa penyampaian materi saja akan tetapi terdapat latihan, penjelasan, video, dan audio, yang membuat pembelajaran lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:06
Last Modified: 21 Apr 2025 08:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item
View Item