Pengaruh Pembelajaran Koperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada mata pelajaran Tik Siswa Kelas VII Pada SMPN 2 Linggo Sari Baganti

Yulidarni, Yulidarni (2012) Pengaruh Pembelajaran Koperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) Pada mata pelajaran Tik Siswa Kelas VII Pada SMPN 2 Linggo Sari Baganti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YULIDARNI_07319_2012.pdf] Text
B1_3_YULIDARNI_07319_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Melakukan proses pembelajaran perlu menggunakan beberapa ketrampilan mengajar. Salah satu yang cukup penting tapi sering luput dari perhatian adalah ketrampilan menggunakan model mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penggunaan Pembelajaran Koperatif model STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK di SMPN 2 Linggo Sari Baganti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasy eksperimen. Desain penelitian adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas VII SMP N 2 Linggo Sari Baganti. Penarikan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling (teknik sampling bertujuan) yaitu siswa kelas VII . 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII. 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data teknik analisis menggunakan tes prestasi belajar dan teknik analisis data menggunakan rumus uji t (t-test). Berdasarkan data yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka diperoleh hasil L hitung 0.1157. Jika dibandingkan dengan L serta N = 35 adalah 0.1497 pada taraf kepercayaan 95%. Maka L (0.1157<0.1497)..Sementara pada kelas kontrol diperoleh hasil L hitung tabel lebih kecil dari L 0.1495 jika dibandingkan dengan L tabel hitung N = 35 adalah 0.1497 dengan taraf kepercayaan 95%, maka didapat L hitung lebih kecil dari L (0.1495<0.1497). Hasil perhitungan Chi Kuadrat hitung = 0.0064, sedangkan Chi Kuadrat tabel = 3.841. Jadi Chi kuadrat htung lebih kecil dari Chi Kuadrat tabel, yaitu 0.0064<3.841. Jadi dapat disimpulkan bahwa data berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil perhitungan t -hitung tabel adalah 2.00. Hasil tersebut Ho ditolak dan H 4.53 dalam df 68 dan α 0.05, sedangkan t 1 -tabel diterima (4.53>2.00) dalam taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan pembelajaran kooperatif model STAD terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VII di SMPN 2 Linggo Sari Baganti, dengan taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Koperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:54
Last Modified: 21 Apr 2025 07:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item
View Item