Juita, Nilda (2010) Konstribusi Komitmen dan Budaya Organisasi terhadap kinerja guru di SMA Negeri Rintisan Berstandar Nasional (RSSN) Kabupaten Agam Bagian Timur. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NILDA_JUITA_10651_2012.pdf [thumbnail of B1_1_NILDA_JUITA_10651_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NILDA_JUITA_10651_2012.pdf
Download (142kB)
Abstract
SMA Negeri Rintisan Berstandar Nasional (RSSN) Kabupaten Agam
Bagian Timur cendrung masih rendah. Apabila hal ini berlangsung terus di
khawatirkan akan mengakibatkan rendahnya mutu pendidikan. Fenomena ini
diduga disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain komitmen dan budaya
organisasi guru yang berada di sekolah. Penelitian ini dimaksud untuk
mengungkap kontribusi kedua faktor tersebut terhadap kinerja.
.Penelitian ini untuk menjawab tiga hipotesis pertama, komitmen
berkontribusi terhadap kinerja guru, kedua, Budaya Organisasi berkontribusi
terhadap kinerja guru, ketiga, Komitmen dan Budaya Organisasi bersama-sama
berkontribusi terhadap kinerja
Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri Rintisan Berstandar
Nasional yang berjumlah 251 orang. Sampel sebanyak 54 orang ditetapkan dari
populasi dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling
dengan mempertahankan strata tingkat pendidikan dan masa kerja. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan kuesioner model skala. Likert yang telah
diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ketiga
hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu komitmen dan budaya organisasi
baik secara sendiri maupun bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja Temuan
penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen berkontribusi 11,2 % terhadap
kinerja. Budaya organisasi berkontribusi sebesar 16,6 % terhadap kinerja guru.
Secara bersama-sama komitmen dan Budaya Organisasi berkontribusi sebesar
23,2 % terhadap kinerja guru. Ditemukan pula ketiga variabel berkategori baik.
Kedua variabel bebas tersebut memiliki peranan penting dan secara impiris
turut berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru. Kinerja guru bisa
meningkatkan apabila komitmen guru terhadap tugas tinggi dan adanya budaya
organisasi positif yang kuat tanpa mengabaikan faktor-faktor lain yang tidak
dikaji dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:54 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6449 |