Yulianti, Yulianti (2012) Efektivitas Penggunaan Media Program Aplikasi Netsupport School Pada Pembelajaran KKPI Kelas XI di Laboratorium Komputer SMKN 1 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YULIANTI_88363_3469_2012.pdf [thumbnail of B1_3_YULIANTI_88363_3469_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YULIANTI_88363_3469_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa tersedianya fasilitas labor komputer yang memadai belum mampu menjamin hasil belajar siswa kelas XI SMKN 1 Padang Panjang pada mata pelajaran KKPI dengan optimal. Dalam proses pembelajaran, guru kesulitan membimbing, melayani dan menjelaskan materi saat praktek di laboratorium. media aplikasi Netsupport School berfungsi untuk memantau komputer yang digunakan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media aplikasi n etsupport school dalam pembelajaran KKPI kelas XI di laboratorium komputer SMKN 1 Padang Panjang Jenis Penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMKN 1 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 7 kelas yang berjumlah 234 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX AP sebagai kelas eksperimen dan kelas IX AP 2 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan tes, sedangkan alat pengumpulan data yang dipergunakan berupa lembaran soal yang diberikan kepada siswa. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat untuk melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yang menggunakan media program aplikasi netsupport school = 76,21 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang menggunakn pembelajran konvensional = 69,69. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t = 3,1636 untuk df 61 pada taraf kepercayaan 0,05 sedangkan t tabel hitung = 2,000, sehingga t hitung > t . Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas yang menggunakan media tabel program aplikasi netsupport school dalam pembelajaran dengan kelas pembelajaran konvensional. Hal ini berarti H o ditolak dan H diterima, sehingga penggunaan media program aplikasi Netsupport School efektif dalam pembelajaran KKPI kelas XI di laboratorium komputer SMKN 1 Padang Panjang pada taraf signif ikan α 0.05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Program, Aplikasi Netsupport School, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:54 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6444 |