Improving Senior High School Students Ability to Write Hortatory Text Through Guided Writing Procedures

Azril, Azril (2010) Improving Senior High School Students Ability to Write Hortatory Text Through Guided Writing Procedures. Bachelor/Skripsi thesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.

[thumbnail of B1_AYU_DWI_PUSPITA_SARI_77134_1678_2011.pdf] Text
B1_AYU_DWI_PUSPITA_SARI_77134_1678_2011.pdf

Download (323kB)

Abstract

Banyak siswa yang beranggapan bahwa belajar bahasa Inggris adalah hal yang sangat sulit dan membosankan. Hal ini disebabkan karena bahasa Inggris merupakan bahasa asing dan mereka takut untuk melakukan kesalahan. Hal tersebut terjadi karena berbagai faktor, seperti kurangnya penguasaan kosa kata dan struktur bahasa, suasana belajar yang tidak dapat memberikan daya tarik kepada siswa, atau strategi mengajar yang kurang menarik dari guru. Permasalahan tersebut dapat ditemui pada semua aspek kemampuan dalam bahasa Inggris, terutama sekali dalam berbicara. Makalah ini membahas strategi atau media apa yang dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dalam bahasa Inggris, yaitu dengan menggunakan teks cerita. Dalam mengambil materi pelajaran dari sebuah buku atau internet yang berbentuk teks cerita, guru harus mempertimbangkan aspek-aspek seperti latar belakang pengetahuan siswa terhadap cerita yang diangkat, misalnya cerita yang sudah lazim atau dikenal oleh siswa sehingga dapat mempermudah siswa dalam menyapaikan ide pemikiran yang sudah mereka kuasai. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis menyarankan agar guru-guru bahasa Inggris pada sekolah menengah pertama dapat menggunakan strategi pengajaran ini dalam mengajar bahasa Inggris, khususnya dalam berbicara sehingga siswa akan lebih tertarik untuk belajar aktif dan juga dapat meningkatkan keterampilannya dalam berbahasa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 03 Feb 2025 09:27
Last Modified: 03 Feb 2025 09:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item
View Item