Putri, Yuliani Eka (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YULIANI_EKA_PUTRI_18029095_6449_2022.pdf [thumbnail of B1_3_YULIANI_EKA_PUTRI_18029095_6449_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YULIANI_EKA_PUTRI_18029095_6449_2022.pdf
Download (16MB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh masih tergolong rendah, karena mereka belum berperan aktif dalam proses pembelajaran.Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukan adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membandingkan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung serta mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah XI MIPA 7 dan sebagai kelompok kontrol adalah XI MIPA 8. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis yang diberikan setiap pertemuan untuk melihat perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dan tes pemahaman konsep untuk membandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data hasil kuis terdapat peningkatan pada setiap indikator pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata diperoleh P dimana P- maka ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Tipe Student Team Achievement Division, Konsep Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:22 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6435 |