Peningkatan Self-esteem dengan Layanan Infromasi Bermuatan Cinematherapy

Nikmarijal, Nikmarijal (2012) Peningkatan Self-esteem dengan Layanan Infromasi Bermuatan Cinematherapy. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NIKMARIJAL_19123_6078_2012.pdf] Text
B1_1_NIKMARIJAL_19123_6078_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Self-esteem merupakan salah satu faktor keberhasilan individu dalam kehidupan,
karena perkembangan self-esteem pada seseorang akan menentukan keberhasilan maupun
kegagalan dimasa mendatang. Self-esteem yang negatif akan membuat seseorang merasa
ditolak, tidak terpuaskan dan merasa ditolak. Layanan Informasi dengan muatan
cinematherapy dapat digunakan untuk meningkatkan Self-esteem. Penelitian ini
mengungkapkan efektivitas Layanan Informasi dengan muatan cinematherapy untuk
meningkatkan self-esteem.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan quasi
eksperimen yang menggunakan model pretest-posttest design. Dengan menggunakan
purposive sampling, dipilih Siswa dari SMAN 1 Kerinci dan SMAN 3 Kerinci yang
masing-masing kelompok terdiri dari 15 orang siswa. Layanan informasi dengan muatan
cinematherapy pada kelompok eksperimen diadakan enam sesi. Data tentang self-esteem
dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan
Wilcoxson Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Sampel dengan bantuan
SPSS versi 16.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa : (1) terdapat perbedaan yang signifikan
antara self-esteem pada pretest dan posttest siswa kelompok eksperimen. (2) tidak
terdapat perbedaan yang signifikan antara self-esteem siswa pada pretest dan posttest
siswa kelompok kontrol. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara self-esteem siswa
pada posttest kelompok kontrol dengan posttest kelompok eksperimen.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa self-esteem dapat
ditingkatkan dengan layanan infromasi bermuatan cinematherapy. Penelitian ini
menunjukkan bahwa pentingnya meningkatkan frekuensi penggunaan layanan informasi
di sekolah yang disertai dengan adanya pengawasan dari guru dan konselor sehingga
dapat meningkatkan self-esteem. Perlu dilakukan penelitan yang serupa akan tetapi
dilatarbelakangi oleh konteks yang berbeda agar dapat membandingkan temuan dari hasil
penelitian ini

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:20
Last Modified: 21 Apr 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item
View Item