The Effect of Story Maps of a Narrative Text toward the Reading Comprehension of Grade VIII Students of SMP N 9 Padang

Putri, Yuliana (2015) The Effect of Story Maps of a Narrative Text toward the Reading Comprehension of Grade VIII Students of SMP N 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YULIANA_PUTRI_15737_4543_2015.pdf] Text
B1_3_YULIANA_PUTRI_15737_4543_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan siswa SMPN 9 Padang dalam membaca dan memahami teks masih rendah. Hal ini disebabkan karena belum tepatnya metode dan teknik mengajar yang digunakan guru. Oleh karena itu, penerapan metode dan teknik yang bagus dan menarik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba menggunakan sebuah strategi yaitu Story Maps pada kegiatan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak pengaplikasian strategi Story Maps tersebut terhadap pemahaman membaca siswa dan mengetahui seberapa jauh dampak tersebut. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 9 Padang tahun pelajaran 2014-2015 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan VIII-5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster sampling. Masing- masing kelas memiliki siswa 26 dan 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah Reading Comprehension Test. Tes dilakukan sebanyak dua kali; pre-test dan post-test. Tes tersebut terdiri dari dua puluh lima butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Data berupa nilai reading test oleh kedua kelompok sampel dianalisis secara statistik dengan menggunakan rumus t-test, dan ditemukan bahwa t-hitung sebesar 1,40, sedangkan t-table sebesar 2,009, yang berarti t-hitung< t-table, pada taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan hitungan ini, disimpulkan bahwa penggunaan strategi story maps dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman siswa, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stategi Story Maps, Pemahaman Membaca, Teks naratif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:20
Last Modified: 21 Apr 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6430

Actions (login required)

View Item
View Item