Kontribusi Keterampilan Membaca Apresiatif Teks Cerita Rakyat terhadap Keterampilan Mereproduksi Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar

Rizki, Muhamad (2018) Kontribusi Keterampilan Membaca Apresiatif Teks Cerita Rakyat terhadap Keterampilan Mereproduksi Cerita Rakyat Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MUHAMAD_RIZKI_14016070_4911_2018.pdf] Text
B1_2_MUHAMAD_RIZKI_14016070_4911_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca apresiatif cerita rakyat siswa kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan mereproduksi cerita rakyat siswa kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca apresiatif teks cerita rakyat terhadap keterampilan mereproduksi cerita rakyat siswa kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.Rancangan penelitian yang digunakan adalah kontribusi korelasional dua variabel.Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar yang
terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 268 siswa yang dibagi dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes mereproduksi cerita rakyat dan tes objektif keterampilan membaca apresiatif teks cerita rakyat.Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hal berikut.Pertama, keterampilan mereproduksi cerita rakyat siswa kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar berada pada kualifikasi baik (79,37). Kedua, keterampilan
membaca apresiatif teks cerita rakyat siswa kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar berada pada kualifikasi baik (82,56). Ketiga, keterampilan membaca apresiatif teks cerita rakyat memiliki kontribusi sebesar 10,76% terhadap
keterampilan mereproduksi cerita rakyat siswa kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar dan selebihnya (89,24%) dipengaruhi oleh faktor lain.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan membaca apresiatif teks cerita rakyat berkontribusi terhadap keterampilan mereproduksi cerita rakyat siswa kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar. Dengan kata lain,hipotesis kerja (H
) yang berbunyi “Terdapat kontribusi keterampilan membaca
apresiatif teks cerita rakyat terhadap keterampilan mereproduksi cerita rakyat siswa kelas X SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar” diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:19
Last Modified: 21 Apr 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

View Item
View Item