Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Berupa Peta Konsep Pada Strategi Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Payakumbuh.

Apriliana, Rissa (2014) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Berupa Peta Konsep Pada Strategi Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RISSA_APRILIANA_17460_4702_2014.pdf] Text
B1_3_RISSA_APRILIANA_17460_4702_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi belajar biologi siswa di SMAN 3 Payakumbuh masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya persiapan siswa sebelum memulai pembelajaran, sehingga mengakibatkan siswa tidak termotivasi dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Quantum Learning yang dilengkapi dengan tugas rumah berupa peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian tugas rumah berupa peta konsep pada strategi pembelajaran Quantum Learning terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 3 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian The Static Group Comparison. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Payakumbuh. Sampel penelitian diambil secara Purposive Sampling, didapatkan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA sebagai kelas kontrol. Data penelitian ranah kognitif didapatkan dengan tes melalui 30 soal objektif, sedangkan data ranah afektif dan psikomotor didapatkan dengan nontes berupa lembar observasi yang diisi oleh observer. Data dari setiap ranah dianalisis dengan uji t setelah diketahui data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kompetensi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitunya kompetensi pada ranah kognitif (84,4 > 77,25), afektif (81,33 > 72,42 ), psikomotor (77,90 > 72,75). Hasil analisis data dengan menggunakan uji hipotesis pada ketiga ranah penilaian, diperoleh t hitung > t tabel yaitu pada ranah kognitif diperoleh t 3,76 > t tabel 1,67, pada ranah afektif diperoleh t hitung 4,47 > t 1,67, dan pada ranah psikomotor diperoleh t hitung 3,66 > t tabel tabel 2 hitung 1,68. Pemberian tugas rumah berupa peta konsep pada strategi pembelajaran Quantum Learning memberikan pengaruh yang positif terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peta Konsep, Quantum Learning, Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:19
Last Modified: 21 Apr 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6423

Actions (login required)

View Item
View Item