Fitri, Yuliana (2014) Peran Guru Pamong Terhadap Peningkatann Keterampilan Mengajar Mahasiswa PKn program Praktek Lapangan di SMP N 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YULIANA_FITRI_97255_2394_2014.pdf [thumbnail of B1_3_YULIANA_FITRI_97255_2394_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YULIANA_FITRI_97255_2394_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Program pratek lapangan Kependidikan (PPLK). PPLK merupakan kegiatan intrakulikuler yang dikoordinir oleh UUPL.Dimana sekarang ini peran guru pamong disekolah masih kurang dalam membimbing mahasiswa PPL dalam meningkatkan keterampilan mengajar.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran guru pamong dalam meningkatkan keterampilan mengajar mahasiswa PKn Progeram praktek lapangan,dan untuk mengidentifikasi kendala-kendala guru pamong dalam membimbing mahasiswa PPL. Hal ini didasarkan pada data temuan awal penulis yang menunjukkan bahwa masih kurangnya peran guru pamong dalam peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa PPL PKn di SMP N 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penetapan informan penelitian yang memfokuskan pada informan terpilih. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan studi dokumentasi dengan menggunakan alat pengumpul data berupa camera digital , pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pamong berperan sebagai rekan sejawat senior bagi guru yunior yang menjadi patnernya,berkewajiban member petunjuk kepada guru PPL, jika terjadi hal-hal yang memerlukan campur tangan guru pamong.Selama latihan berlangsung guru pamong harus selalu memantau guru PPL, Dengan demikian, meskipun guru PPL menggantikan tugas guru bidang studi dalam mengajar,tidak berarti guru pamong dibebaskan dari tugasnya. Guru pamong dalam membimbing mahasiswanya terdapat kendala-kendala salah satu kendalanya adalah mahasiswa masih kurang bisa untuk menguasai diri, kurang kosentrasi dalam mengajar,dan dalam keterampilan mengajar dari delapan keterampilan tersebut masih kurang.dan kendala bagi guru pamung kurangnya konsultasi dengan mahasiswa PPL Dari kedelapan keterampilan ini terlihat peningkatan yang diajarkan oleh guru pamong kepada mahasiswa program praktek lapangan (PPL) PKn di sekolah SMP N 4 Padang selama tiga bulan mengajar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Keeterampilan Mengajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 07:00 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6405 |