Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 5 Padang Berdasarkan Kriteria Kemampuan Pemahaman Konsep

Vionita, Fadilla (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 5 Padang Berdasarkan Kriteria Kemampuan Pemahaman Konsep. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FADILLA_VIONITA_14029108_2813_2021.pdf] Text
B1_01_FADILLA_VIONITA_14029108_2813_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik
merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk mengetahui kemampuan
peserta didik dalam memahami materi. Berdasarkan data di lapangan, peserta
didik di kelas X SMAN 5 Padang memiliki hasil belajar yang masih rendah. Ini
ditunjukkan dari banyaknya peserta didik melakukan kesalahan pada indikator
kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X
IPA SMAN 5 Padang dalam materi aturan sinus dan cosinus, faktor penyebab
rendahnya, dan cara mengatasinya.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMAN 5
Padang tahun pelajaran 2018/2019. Ada 36 peserta didik yang mengikuti tes
uraian dan 14 peserta didik yang diwawancarai. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini berupa observasi, tes, dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan
teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan
pemahaman konsep matematis pada indikator 1 yaitu 0,36 dengan kriteria sangat
rendah, indikator 2 yaitu 0,62 dengan kriteria sedang, indikator 3 yaitu 0,37
dengan kriteria sangat rendah, indikator 4 dan 5 yaitu 0,4 dengan kriteria rendah.
Faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta
didik antara lain tidak memahami pertanyaan dari soal, tidak mampu mengaitkan
konsep, menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit, dan tidak
paham materi aturan sinus dan cosinus. Adapun cara mengatasinya adalah peserta
didik harus lebih teliti dan berkonsentrasi dalam membaca soal serta perlunya
pengulangan dalam membaca soal, lebih banyak berlatih soal-soal dalam bentuk
serupa dengan variasi yang berbeda-beda, memberikan motivasi agar peserta didik
lebih semangat dalam belajar, dan peserta didik dilibatkan langsung secara aktif
dalam menentukan rumus-rumus aturan sinus dan cosinus.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:59
Last Modified: 21 Apr 2025 06:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6399

Actions (login required)

View Item
View Item